Kepala Kemenag Sulbar Dilapor Kasus Pelecehan Seksual

MAMUJU, VOICESULSEL –- Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat Syafrudin Baderung kini tengah dilaporkan oleh bawahannya sendiri atas kasus pelecehan seksual.

Laporan itu dibenarkan Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Slamet Wahyudi. Slamet mengatakan, laporan itu masuk dengan nomor LP/B/10/III/2024/SPKT Polda Sulbar tentang dugaan pelecehan seksual kakanwil Kemenag Sulbar Syafrudin Baderung, Kamis 14 Maret 2024.

Kombes Pol Slamet Wahyudi menuturkan, laporan tersebut ditangani oleh Subdit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

“Kami akan memberikan informasi lebih lanjut setelah ada perkembangan lengkap dari penyidik. Namun, kami meyakini bahwa penyidikan ini akan menghasilkan kejelasan atas kasus ini,” kata Slamet dikutip dari kilas sulbar.

Sementara pengacara korban Busman Rasyid mengaku sedang mendampingi korban untuk melaporkan peristiwa tersebut ke Polda Sulbar.

“Iya kami pendampingi korban melaporkan oknum pejabat tinggi (Kepala Kemenag Sulbar) atas kasus dugaan kekerasan seksual dan pelecehan seksual,” kata Busman Rasyid kepada sejumlah wartawan.

Busman mengatakan, pihaknya juga sudah mengumpulkan sejumlah barang bukti yang menguatkan adanya tindakan asusila oknum pejabat tinggi itu kepada kliennya.

Kasus tersebut bermula pada Juli 2023. Kemudian berlanjut hingga Oktober 2023.

Kejadian pelecehan seksual itu terjadi di rumah jabatan Kakanwil Kemenag Sulbar, Jl Abd Malik Pattana Endeng, Mamuju yang lokasinya tak jauh dari kantor wilayah Kemenag Sulbar.

Pelaku diduga mencoba melakukan tindakan tidak senonoh terhadap korban. Saat itu, korban diketahui bertugas sebagai pramubakti di rumah jabatan kakanwil Kemanag Sulbar.

Korban baru melaporkan kejadian tersebut setelah tidak kuat lagi mengalami intimidasi dari atasannya itu. Korban bersama sang suami merasa diinjak-injak harga dirinya.

Syafrudin Baderung sebelumnya menjabat Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo selama dua tahun. Dia dilantik sebagai Kepala Kementerian Agama Sulbar pada Oktober 2022.(*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *