Andi Utta Terima Kunker Putra SYL

BULUKUMBA, VOICE SULSEL — Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, Kemal Redindo Syahrul Putra bersama jajarannya berkunjung di Kabupaten Bulukumba. Kunjungan Kerja dalam rangka melakukan monitoring terkait kegiatan Dinas Ketahanan Provinsi yang berlokasi di Bulukumba, sekaligus bersilaturahim dengan jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba yang merupakan kelembagaan baru yang berlaku di awal tahun 2022.

Sebelum ke lokasi, putra Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo ini diterima oleh Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf di rumah jabatan Bupati, Jalan Anggrek Bulukumba, Selasa 15 Februari 2022.

Pada kesempatan tersebut Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba memaparkan potensi Kabupaten Bulukumba utamanya di sektor pertanian dan ketahanan pangan.

Andi Utta menjelaskan proyeksi pembangunan pertanian dan ketahanan pangan melalui program unggulan pemerintah daerah, yakni pengadaan bibit unggul pertanian/perkebunan, serta pengembangan pertanian organik, termasuk pengembangan lumbung pangan masyarakat dan potensi pemasaran produk pertanian, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, Bupati berlatar pengusaha ini juga menjelaskan rencana pembangunan bendungan besar di Kecamatan Kindang untuk menopang pengairan irigasi.

“Rencana pembangunan bendungan ini adalah program paling strategis dan berjangka panjang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat ke depan,” bebernya.

Olehnya itu, di masa pemerintahannya ini, Andi Utta mengaku akan berupaya mewujudkannya dengan dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Setelah dijamu makan siang, rombongan Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel bergerak ke lokasi Gapoktan Mabbulo Sibatang Desa Paenre Lompoe Kecamatan Gantarang.

Ketua Gapoktan Mabbulo Sibatang Abd. Azis menjelaskan bahwa Gapoktan-nya telah menerima beberapa kali bantuan dari provinsi terkait permodalan dan sampai saat ini telah berhasil mengembangkan modal tersebut untuk peningkatan usaha jual beli gabah.

“Atas pengembangan dan prestasi tersebut, Gapoktan Mabbulo Sibatang telah menerima penghargaan sebagai Gapoktan terbaik tingkat nasional,” ungkap Azis.

Kemal Redindo memuji dan mengapresiasi keberadaan Gapoktan Mabbulo Sibatang yang dapat memanfaatkan secara maksimal bantuan provinsi untuk kepentingan usaha kelompok tani.

“Kami berharap bantuan usaha atau permodalan yang telah diterima dapat dikembangkan terus sehingga bisa mandiri atau tidak lagi bergantung pada bantuan pemerintah,” pintanya.

Dari Desa Paenre Lompoe, Redindo dan rombongan berkunjung di Kelompok Wanita Tani (KWT) Al-Hajj Desa Bontosunggu untuk melakukan panen sayuran di kebun demplot kelompok.

Di tempat ini, Kadis Redindo, kembali mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dilakukan oleh ibu-ibu KWT yang mendapat dukungan penuh dari kepala desa dan PPL setempat.

Diketahui dua Minggu sebelumnya, ayah Kemal Redindo, Mentan Syahrul Yasin Limpo juga berkunjung di Kabupaten Bulukumba untuk meninjau pelaksanaan program IP400 atau panen padi 4 kali setahun di hamparan sawah Desa Bialo Kecamatan Gantarang.(*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *