Parepare Pasok Keladi & Miyana ke Balikpapan

PAREPARE — Pandemi yang belum juga berakhir, memaksa masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah. Ini pula yang mendorong lahirnya kreativitas masyarakat. Dari yang sekedar menyalurkan bakat, membunuh rasa bosan, hingga dorongan untuk jadi sumber penghasilan. Salah satunya tanaman hias.

Demam tanaman hias ini rupanya melanda hampir seluruh daerah di Indonesia. Banyak yang berburu tanaman hias hingga ke Parepare.

Melalui wilayah kerja pelabuhan Nusantara, sebanyak 100 batang tanaman bunga jenis keladi hias dan jenis miyana siap dikirim ke Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur menggunakan KM. Kirana, Rabu (13/1). Sebelum dilalulintaskan, tanaman hias tersebut wajib lapor karantina untuk dilakukan pemeriksaan oleh Pejabat Karantina.

Nirwana, Pejabat Karantina Pertanian Parepare yang memeriksa menuturkan, pemasok tanaman hias cukup siginifikan pada saat ini. “Pengiriman tanaman hias dari Parepare semakin meningkat dimasa pandemi, peminatnya cukup tinggi,” katanya

Kata dia, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan tanaman hias tersebut bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). Dan berdasarkan hasil pemeriksaan bila dinyatakan sehat, selanjutnya diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area KT-12 sebagai jaminan kesehatan dari karantina pertanian.(*/wal)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *