Mappalili, Pesta Budaya Warga Lokal di Barru Sambut Musim Tanam

BARRU — Pemerintah Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru kembali menggelar acara Tudang Sipulung. Tudang Sipulung atau duduk bersama yang setiap tahunya dilakukan merupakan budaya masyarakat petani di Kabupaten Barru pada saat permulaan musim tanam atau turun ke sawah untuk persemaian padi dipermulaan musim Hujan.

Masyarakat sekitar menamai kegiatan permulaan musim tanam itu dengan sebutan ‘Mappalili’. Mappalili dengan gaya dan budayanya turun temurun dilakukan masyarakat petani khususnya menyambut musim tanam pada sawah tadah hujan.

Tampak hadir Kepala Desa Bojo Arifin Tinulu selaku tuan rumah beserta undangan dari para pejabat dan tokoh masyarakat dan kelompok tani Desa Bojo. Kegiatan itu ditandai dengan pesta budaya tradisional warga lokal sebagai simbol dan tanda rasa syukur atas datangnya musim hujan sebagai berkah bagi lahan petani.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru, Ir Ahmad mengatakan petani dibarru telah memasuki musim tanam ketiga (MT3) yang ditandai dengan bergantinya musim dari musim kemarau ke musim hujan pada Oktober ini.(wal)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *