Tertipu Ilmu Tarekat, Anak di Makkasar Bakar Rumah Ibu

MAKASSAR, VOICESULSEL — Satu unit rumah panggung hangus terbakar di Jalan Andi Djemma 2 Kelurahan Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (16/3/2024) malam.
Insiden kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 Wita, tepat di samping Masjid Nurul Haq. Adapun pemilik rumah diketahui bernama Sitti Khodijah (70).

Ketua RT 07, Syarifah (44) mengatakan rumah tersebut diduga sengaja dibakar oleh anak dari Sitti Khodijah yang bernama Nugi.

“Kejadian jam 9 (malam) pas salat tarawih mau rakaat keempat. Menurut info Nugi (terduga pelaku) yang bakar rumah orangtuanya,” kata Syarifah kepada awak media di lokasi.

Dia menjelaskan, terduga pelaku memang mengalami stres serta kerap mengamuk di rumahnya. Hal itu terjadi setelah mempelajari ilmu tarekat di luar daerah.

“Menurut pengakuan kakaknya kalau masuk dalam rumah (Nugi selalu bilang) banyak setan, kain kafan terbang-terbang,” paparnya.

Syarifah mengungkapkan, Nugi diduga kuat pelaku yang membakar rumah orang tuanya sebab anggota Binmas dan Babinsa setempat telah mendapat laporan bahwa Nugi kerap mengamuk dan ingin menghancurkan rumahnya.

“Kita belum tahu bakar pakai apa, tapi ada memang dugaan dia (Nugi) mau hancurkan rumahnya makanya Pak Binmas (Pak) Babinsa sudah standby (tapi ternyata dia nekat),” katanya lagi.

Adi menambahkan, Nugi diduga mengalami stres setelah mempelajari ilmu tarekat. “Baru 3 hari pulang (mempelajari ilmu tarekat) terus dia bongkar itu plafon dan dindingnya, dia bilang terlalu kotor ini rumah, banyak setannya,” kata dia.

Adi mengatakan, Nugi dicurigai sebagai pelaku karena saat kejadian warga sempat melihat yang bersangkutan melarikan diri dari TKP. “Mungkin (Nugi), karena dia kan langsung lari,” bebernya.

Sementara itu, Kapolsek Rappocini Kompol Muhammad Yusuf mengatakan, masih melakukan penyelidikan terkait penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

“Sampai saat ini masih penyelidikan untuk penyebab kebakaran,” ujarnya dilansir dari kompas. Dia juga belum bisa memastikan, apakah rumah tersebut sengaja dibakar atau ada penyebab lainnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *