Ngopi Santai, Bupati Pinrang Bangga Inovasi Jabat Erat Mendunia

PINRANG — Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid menyempatkan diri ngopi santai di warkop Bang Udin. Bupati berlatar belakang politisi ini menyapa pengunjung warkop sambil menyeduh secangkir kopi hitam Selasa pagi, 10 Agustus 2021.

Andi Irwan Hamid ditemani Direktur Harian Parepos Mappiar HS terlihat ngobrol ringan dalam satu meja. Mereka membicarakan pembangunan Kabupaten Pinrang yang salah satunya terkait pemberdayaan masyarakat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menghadirkan inovasi Bantuan Ekonomi Berkelanjutan (JABAT ERAT).

Kata Bupati, inovasi JABAT ERAT Pemkab Pinrang akan tampil di ajang internasional. Inovasi itu diharapkan mampu melahirkan pengusaha muda visioner yang maju dan kreatif terutama dimasa Pandemi Covid-19. “Kami harapkan pengusaha yang didominasi oleh kalangan muda ini lebih kreatif dan mampu bersaing dan berkembang, kami selaku pemerintah memfasilitasi (garansi) bantuan modal bekerjasama dengan Bank,” paparnya

Inovasi JABAT ERAT yang dibina oleh Dinas PMPTSP Kabupaten Pinrang kini masuk TOP 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sehingga melalui inovasi tersebut akan membawa Pinrang pada lomba di kanca internasional bersama daerah lain diseluruh Indonesia.

Inovasi JABAT ERAT sendiri adalah program pembinaan masyarakat UMKM. Masyarakat pengusaha dibina dan dilatih menciptakan produk hasil olahan, baik berupa makanan maupun produk olahan lainnya seperti kemiri dengan brand kemiri sultan.

Salah satu produk olahan makanan dari pisang dan jagung dengan brand Bachis Jagung Bakar dan Keripik Pisang kini berhasil menembus pasar nasional. Produk olahan makanan tersebut sudah dikemas secara modern dan profesional hingga tampak elegan. (Wal)

Bagikan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x