Sidrap Pasok Benih Padi Unggul ke Karawang

PAREPARE — Penyediaan benih padi unggul memegang peranan penting untuk meningkatkan pertanian. Untuk memenuhi kebutuhan pasokan benih padi unggul bagi petani di Karawang Provinsi Jawa Barat, PT. SAI mendatangkan sebanyak 15,20 ton dari Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (5/1).

Fatmawati, pejabat Karantina Pertanian Parepare saat melakukan pemeriksaan di gudang milik PT. Sang Hyang Seri mengungkapkan, benih padi itu akan dikirim melalui pelabuhan Makassar. Namun terlebih dahulu diperiksa untuk memastikan media pembawa tersebut sehat dan aman. “Nantinya benih padi tersebut, akan dikirim melalui pelabuhan Makassar. Sebelum dikirim, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan media pembawa tersebut sehat dan aman,” katanya

Kata dia, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik, kesesuaian jenis dan jumlah, juga dilakukan pengambilan sampel untuk dilakukan uji laboratorium. Setelah dinyatakan sehat, selanjutnya diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area atau KT 12.

Andi Faisal, Kepala Karantina Pertanian Parepare secara terpisah mengatakan, peran karantina pertanian dalam mengawal distribusi benih padi tersebut sangat penting dalam mencegah penyebaran hama penyakit tumbuhan yang dimungkinkan dibawa oleh komoditi tersebut.(*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *