Persiapan Musim Tanam VUB IP2TP Karang Agung

KARANG AGUNG — Memasuki musim hujan yang dimulai pada akhir Oktober di Sumatera Selatan, Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Karang Agung milik BPTP Balitbangtan Sumsel, telah mempersiapkan kegiatan budidaya padi untuk musim tanam kali ini.

Koordinator IP2TP Karang Agung, Basaruddin Nasution bersama teknisi dan staf melakukan persiapan persemaian padi, dilahan tani. Kata dia, persemaian termasuk hal penting dalam budidaya padi. Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman terletak pada persemaian yang di persiapkan, yaitu jenis tanaman serta varietas tanaman yang unggul.

Badan Litbang Pertanian sambungnya memiliki banyak Varietas Unggul Baru (VUB) padi yang telah dikembangkan dan dilepas ke petani. Riset dan inovasi dalam penelitian dan pengembangan varietas-varietas padi unggul terus dilakukan. Salah satu VUB milik Balitbangtan adalah Inpari 22 yang memiliki umur tanam 118 hari (hst)

VUB yang telah dilepas sejak 2012 ini memiliki kemampuan tumbuh di daerah dengan ketinggian 0-600 mdpl dan memiliki potensi hasil 7.9 ton gabah kering giling.(*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *