Jembatan Ambruk Belum Diperbaiki, Warga Kalabbirang Bangun Jembatan Darurat

amin/pare pos Jembatan ambruk di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Minasatene, Pangkep, hingga kini belum mendapat perhatian pemerintah. (Foto: Amin)

PANGKEP, voicesulsel.com — Warga Kampung Tiu, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Minasatene, Pangkep mengeluhkan kondisi jembatan yang ambruk dan sangat memprihatinkan di wilayah itu.

Jembatan tersebut ambruk setelah diterjang banjir dua bulan lalu. Hingga kini belum juga ada tanda-tanda perbaikan dari pemerintah setempat. Padahal jembatan tersebut, merupakan satu-satunya akses warga Kampung Tiu yang dihuni sekitar 30 keluarga. Warga yang beraktivitas ke luar kampung, mengeluh karena harus menempuh jarak yang jauh.

Pemerhati lingkungan, Amir mengatakan, jembatan ini ambruk sekitar dua bulan lalu yang disebabkan banjir. Namun, hingga saat ini belum ada perhatian dari pemerintah untuk memperbaiki jembatan tersebut.
“Pemerintah kelurahan, kecamatan bersama Dinas PU sudah pernah ke lokasi meninjau sehari setelah jembatan ini ambruk. Tapi hingga saat ini belum ada angin segar buat warga,” ujar Amir saat dikonfirmasi, Minggu, 13 Februari 2022.

“Kata Dinas PU, Insya Allah secepatnya dikerjakan, tapi hingga hari ini belum ada tanda-tanda untuk perbaikan,” tambahnya.
Padahal, kata dia, aktivitas masyarakat terus berlanjut, namun tidak ada tindak lanjut dari pemerintah setempat.

Olehnya itu, masyarakat pun berinisiatif untuk gotong royong membuat jembatan darurat dari batang kelapa dan mengumpulkan biaya untuk membuat bronjong.
“Saya dan masyarakat berharap jembatan dikerjakan secepatnya, karena ini akses satu-satunya yang bisa dilalui kendaraan roda empat,” harapnya.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pangkep Andi Irwan, anggaran untuk pengerjaan jembatan yang ambruk, sudah didisposisi Bupati Pangkep untuk masuk di tanggap darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Mudah-mudahan bisa masuk di SK Parsial, sehingga bisa segera dikerjakan,” singkatnya. (min/rir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini