Mantap Berkebun Di Pekarangan Rumah, Hasnah Rasyid : Ini Berawal Dari Hobi

Masa pandemi Corona Virus memaksa setiap orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus tanpa terkecuali masyarakat yang berada di daerah pegunungan seperti Kabupaten Soppeng juga merasakan dampaknya. Kondisi ini tidak serta merta menjadikan aktivitas terhenti sehingga tidak produktif. Beragam aktivitas bisa dilakukan, khususnya yang bisa menopang kebutuhan pangan rumah tangga. Salah satunya adalah berkebun sayur di pekarangan rumah.

Hasnah Rasyid, seorang istri pensiunan pegawai negeri sipil lingkup Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, mengaku memanfaatkan masa berdiam di rumah selain meningkatkan ibadah hal yang paling sering dilakukan adalah berkebun beragam macam sayuran dan buah dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang ditinggalinya saat ini.

“Saya menanam sayur dan buah berawal dari hobi bersama suami dan keluarga, ditengah pandemi ini tiap harinya saya terus memanfaatkan lahan rumah yang kosong sebagai kebun”, ungkap Hasnah.

Dalam berkebun, Hasnah menanam menggunakan peralatan seadanya yang sangat sederhana rumahnya cukup luas untuk menanam berbagai macam jenis tumbuhan. lingkungan yang asri sekitar rumah juga menjadi penopang tumbuh kembang tanaman yang sudah lama dirawatnya.

Hasnah mengakui telah lama menekuni hobi bercocok tanam, hanya saja di masa pandemi ketika aktivitas keluar rumah dibatasi, waktu untuk menyalurkan hobinya ini menjadi lebih rutin.

“Kami menanam sudah lama sejak suami masih aktif sebagai ASN lalu berpindah rumah dan rutin di beberapa bulan terakhir, akibat kami harus mawas diri mengurangi aktifitas di luar rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan terus mengikuti perkembangan informasi pandemi COVID-19  yang belum tahu pasti kapan berakhir. puji syukur Alhamdulillah, sudah beberapa kali panen dan yang terakhir sayur pare hijau panjang,” tuturnya.

pare hijau selain mudah ditanam dan dirawat juga memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menunjang kesehatan tidak hanya itu rasanya pun akan lebih enak jika dihidangkan sebagai menu pendamping santapan siang hari ditengah Pandemi Covid 19.(reska)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x