Negeri Gajah Putih Pasar Ekspor Getah Damar Dalam Negeri

TANGERANG — Sebanyak 15 ton getah damar siap diekspor ke luar negeri. Getah damar tersebut dikumpulkan dari gudang pemiliknya di kawasan Tangerang Banten.

Sebelum di ekspor, Karantina Pertanian Tanjung Priok melakukan pemeriksaan dan sertifikasi getah damar tersebut. Getah tersebut rencananya akan di kirim ke negeri gajah putih, Thailand.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di gudang pemilik pada Senin, 11 Januari untuk memastikan getah damar yang akan dikirim sesuai dengan Sanitary and Phytosanitary Measurements (SPS) negara tujuan.

“Getah damar yang akan dikirim merupakan grade A dan grade terbaik,” ujar Deni, pejabat karantina pertanian yang melakukan pemeriksaan.

Kata Deni, hasil pemeriksaan getah damar tersebut dipastikan aman dan bebas serangga sesuai dengan persyaratan negara tujuan.

Ia menambahkan setelah diperiksa, getah damar dikemas dan dikirim menggunakan kontainer ukuran 1×20 feet melalui pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Sekedar diketahui, getah damar merupakan hasil sekresi (getah atau gum) dari pohon Shorea SP, Vatica SP, Dryobalanops SP, dan lain-lain dari suku meranti-merantian atau Dipterocarpaceae.

Getah damar dimanfaatkan dalam pembuatan korek api yang bermanfaat mencegah api membakar kayu terlalu cepat, plastik, plester, dan vernis.(*/wal)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x