Produksi Kemiri Sultan Pinrang Tembus Pasar Internasional

PINRANG — Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyempatkan diri ikut mengupas kemiri bersama warga saat dirinya berkunjung ke Desa Sikkuale, Kecamatan Cempa, Selasa (17/11). Kehadiran Gubernur Sulsel dalam rangka melepas ekspor biji kemiri bersama produk lainnya dari hasil produksi UMKM tembus ke pasar internasional Hongkong.

Nurdin Abdullah mengaku bangga dan mengapresiasi UMKM rumah produksi kemiri Sultan yang telah berhasil memperoduksi produk ekspor dimasa Pandemi Covid-19.

“Saya menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada UMKM Rumah Produksi Kemiri Sultan di Pinrang ini. dimana masa pandemi dan resesi dunia tetap dapat melakukan produksi dan melakukan ekspor untuk pertama kalinya biji kemiri ke negara Hongkong,” ujarnya

Kata Gubernur, Pemprov Sulsel bersama Pemkab Pinrang akan terus mendukung UMKM tersebut dengan memberi bantuan peralatan yang dibutuhkan pelaku usaha, sehingga dapat berkembang dan penghasilan masyarakat akan bertambah. “Pemprov akan mendukung, agar UMKM ini berkembang sekaligus membuka lapangan pekerjaan,” katanya

Gubernur melepas kontainer perdana ekspor produk UMKM Kabupaten Pinrang ke pasar internasional menuju Hongkong. Beberapa produk UMKM Kabupaten Pinrang yang tergabung di D, Great UMKM yakni, Kemiri Sultan, keripik Bachiss, Coffee Forest, Drip Herbal Daun Kelor Dan Daun Sukun, Abon Ikan Tuna, Pomade Ideal Promade, jahe, kue kering kelapa, kerupuk khas Pinrang, Sambal, ikan teri karamel, Terasi Mami Tito, Kayu Manis Pinrang, dan beberapa sampel produk UMKM kabupaten Pinrang lainnya.

Mantan Bupati Bantaeng 2 periode itu sebelumnya dijadwalkan untuk kunjungan kerja di kabupaten Pinrang dalam rangka panen udang windu, panen raya padi, sekaligus hadir pada ekspor rumput laut olahan Biota Laut Ganggang (BLG) yang ada di Kecamatan Suppa.(*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *